Asal Usul Jam Tangan

Tahukan Anda tentang asal usul jam tangan? Asal usul jam tangan memang memiliki sejarah yang cukup panjang. Mulai dari bentuk awalnya berupa jam saku sampai saat ini dengan macam dan varian yang beragam. Konsep jam tangan pertama kali sudah ada sejak abad 16, yaitu digunakan oleh Ratu Elizabeth I dari Inggris yang merupakan hadiah pemberian dari Robert Dudley.

Pada masa itu, jam tangan hanya diperuntukan untuk kaum wanita, namun seiring perkembangan zaman, jam saku banyak digunakan para pria terutama untuk mereka yang berprofesi sebagai tentara dan pilot karena mamang sangat membutuhkan demi kepraktisan dan kemudahan saat melihat waktu.

1.     Peradapan Jam Tangan Klasik

Jika ditilik lebih dalam, jam tangan tertua di dunia adalah milik Ratu Elizabeth I yang merupakan pemberian dari Robert Dudley. Jam ini telah dibuat sejak abad ke-16 dan menjadi jam tertua di dunia. Pada masa itu, jam tersebut sudah disematkan di tangan dan menjadi sesuatu yang terlihat baru karena sebelumnya jam tersebut merupakan jam gantung atau jam saku yang dilengkapi dengan rantai kalung.

Ada konsep lain yang menyebuatkan jika jam tangan sudah ada sebelum abad ke-16. Hal ini tidak terlepas dari peran Abraham Louis Bregeut yang menjadi seorang pencipta jam tangan pertama . Ia menciptakan jam tangan untuk dihadiahkan kepada Caroline Murat, yaitu saudari Napoleon dan Ratu Napoli.

Jam yang awalnya berupa jam kalung atau jam saki ini mulai mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Meski jam tangan pada masa itu hanya dikhususkan bagi kaum perempuan. Namun semenjak Perang Dunia I, jam mulai digunakan sebagai bagian dari penemtuan strategi perang. Saat itulah jam tangan mulai banyak digunakan oleh kaum pria dan wanita.

2.     Peradaban Jam Tangan Modern

Pada tahun 1923, seorang bernama John harwood menciptakan jam tangan automatic winding pertama di dunia. Jam tersebut mulai diproduksi oleh Hamilton Watch Company, yaitu sebuah produsen jam tangan asal Lancaster, Amerika Serikat. Sekarang perusahaan ini di bawah naungan Swatch Group pada tahun 1957.

Pada masa itu, jam tangan produksi Hamilton masih memperlukan pembaruan dari segi akurasi. Kemudian tahun 1961, pihak Hamilton melakukan pembaruan dari segi elektricalnya. Perkembangan industri jam tangan semakin pesat di negara Amerika Serikat. Beberapa jam tangan telah diproduksi seperti Accutron, Bulova, dan masih banyak lagi.

Di belahan dunia lain seperti Swiss, perkembangan jam tangan juga semakin pesat. Ditandai dengan penelitian jam tangan dengan menggunakan Quartz, yaitu alat yang digunakan sebagai pengatur akurasi jam. Namun pada saat itu, Quartz masih digunakan pada jam yang memiliki ukuran besar, bukan jam tangan.

Di tahun 1967, CEH kemudian menciptakan Prototipe jam tangan quartz pertama. Namun, pada masa itu Seiko lah yang pertama kali memunculkan jam tangan Quartz Astron sebagai jam tangan pertama quartz. Dari situlah teknologi quartz terus digunakan oleh produsen-produsen jam tangan dari seluruh dunia, seperti Jepang, Swiss, Amerika, dan lainnya.

Menilik asal usul jam tangan di atas memang memiliki sejarah yang cukup panjang, mulai dari awalnya yang berbentuk jam saku atau jam kantong hingga memiliki bentuk seperti jam tangan yang kita gunakan saat ini.

Seiring perkembangan zaman, jam tangan menjadi tren fashion di kalangan pria maupun wanita. Model dan jenis jam tangan pun juga sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *