Beberapa Fakta Menarik Henlein Penemu Jam Tangan PintarĀ 

Jika ditelusuri, sejarah adanya jam tangan sangatlah panjang. Meski jam buatan Swiss sangat terkenal dan mahal harganya, tetapi ternyata penemu jam tangan bukan berasal dari negara netral tersebut. Lalu yang menemukan jam itu siapa dan berasal dari mana?

Peter Henlein merupakan nama orang yang diketahui sebagai penemu jam tangan yang pertama di dunia. Dirinya dilahirkan pada tahun 1485 dan berasal dari Nuremberg, Jerman. Berkat Heinlein, hingga saat ini kita bisa menikmati bagaimana mempesonanya sebuah alat yang tidak hanya digunakan sebagai penunjuk waktu saja.

Sebenarnya awal mula Henlein bisa menciptakan jam tangan itu, inspirasinya dapat darimana? Untuk bisa menemukan jawabannya, simak beberapa fakta menarik tentang Henlein sang penemu jam tangan pintar seperti dibawah ini :

PROMO ANTI AIR RUBBER JAM TANGAN PRIA SPORT CASIO G-SHOCK GSHOCK ...

  1. Seorang Tukang Kunci

Pada usia yang masih cukup muda ternyata Henlein memiliki ketertarikan khusus terhadap benda benda unik yang berkilau. Meski pada saat itu dirinya seorang juru kunci di sebuah perusahaan barang antik yang berkembang di Nuremberg. Tetapi dirinya suka mengotak atik barang barang bekas yang sudah tidak digunakan lagi lalu merubahnya menjadi barang yang berguna. Hingga akhirnya Henlein di perusahaan tersebut membuat jam pertamanya yang diberinama taschenuhr.

  1. Jam Pertama Henlein

Henlein pada tahun 1509 mulai terkenal karena dirinya orang pertama yang membuat jam hias portable yang diberinama taschenuhr. Jam ini memiliki kepala yang mirip dengan jam tangan yang sekarang ini kita kenal, tetapi sedikit lebih besar ukurannya dan dilengkapi dengan rantai seperti kalung. Taschenuhr buatan Henlein pada saat itu menjadi sebuah barang yang dianggap mewah dan banyak digunakan kaum bangsawan.

  1. Bukan Hanya Sekedar Penunjuk Waktu

Memang dulunya jam tangan itu tidak sekecil dan sepraktis saat ini. Pengguna jam tangan juga dulunya didominasi oleh orang orang kaya dan bagi para bangsawan menjadi aksesoris yang wajib digunakan. Bentuk taschenuhr itu pada awalnya besar. Tetapi dengan pengerjaan yang serius dan tidak mengenal lelah, taschenuhr dapat dibentuk menjadi seperti sebuah liontin cantik. Taschenuhr sekarang ini memang sudah jarang ditemukan, tetapi jika memang masih ada pastinya harganya sangat mahal karena termasuk barang langka. Pemberian namanya juga berubah dari taschenuhr (jam kantong) menjadi armbanduhr (jam tangan).

  1. Henlein Tidak Memiliki Pengetahuan Tentang Jam

Tahukah kamu jika Henlein sama sekali tidak memiliki pengetahuan tentang jam? Keberadaan jam tangan kecil yang bisa dibawa kemana mana ciptaan pemuda pemuda Nuremberg yang dikepalai sendiri oleh Henlein ini mengejutkan para pakar matematika. Ditunjukannya 40 jam pertamanya dengan komposisi yang sempurna dan memiliki berat yang sangat ringan. Komposisi tersebutlah yang menyebabkan terheran herannya pakar matematika. Bahan bahan yang digunakannya sangat kecil dengan rodanya yang sangat rumit. Jam tangan yang dihasilkannya juga diketahui oleh para kaum bangsawan yang membuat Henlein cukup terkenal setelah itu.

  1. Henlein Salah Satu Pendiri Turmuhr

Turmuhr merupakan sebuah jam besar yang diletakkan pada gedung gedung zaman dulu. Gedung gedung tersebut memiliki jam raksasa yang dirawat dan dikembangkan oleh Henlein. Tidak hanya di Nuremberg saja, tetapi juga di Strasbourgh yang menjadi salah satu perhatian Henlein untuk mereparasi, merawat, dan juga mengembangkan jam dinding besar tersebut.

Tetapi sayangnya Henlein pernah tersandung kasus pembunuhan. Saat itu dalam kasus pengeroyokan, George Glaser menjadi salah satu korban yang dinyatakan tewas. Terjadinya perkelahian tersebut menyebabkan Henlein menjadi terdakwa dalam kasus pembunuhan tersebut.

 

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *