Jam Tangan Quartz Lebih Unggul Diatas Kertas Dari Jam Tangan Mekanikal

Dengan memakai alat bantu berupa jam baik itu berupa jam tangan baik itu jam tangan atau jam dinding maka kamu bisa mendapatkan informasi tentang waktu. Selain itu juga jam tangan sekarang sudah menjadi aksesoris yang dapat menjadi prioritas untuk dimiliki. Bahkan  jam tangan sudah menjadi simbol diri yang dapat menunjukkan karakter pemiliknya. Dan bahkan bagi sebagian kolektor, jam ini adalah sebuah karya manusia yang unik dan memiliki nilai seni. Hal tersebut tidaklah berlebihan karena dibalik sebuah jam tangan ada kerja rumit yang sudah dilakukan para pembuatnya.

Kemungkinannya kamu seringkali melihat adanya tulisan quartz pada sebuah jam? Meski seringkali kamu tidak menyadari atau bahkan menganggapnya sepele, tetapi tulisan tersebut memiliki makna. Adanya tulisan quartz ini tidak mengenal merk jam tangan atau jam dinding. Kata quartz ini berasal dari sebuah nama mineral Kristal, silicon dioksida, yang ditemukan berlimpah didalam kerak bumi dan menjadi komponen utama dari pasir yang disebut dengan kuarsa dalam bahasa Indonesia. Kuarsa yang digunakan pada sebuah jam tangan adalah sintetik atau buatan manusia.

Jam tangan Quartz itu apa ya? Jam tangan atau arloji jenis Quartz ini adalah salah satu pengukur waktu yang menggunakan selembar kertas tipis dari bahan kuarsa sintetis. Adanya kandungan Kristal pada kuarsa pada kertas tipis tersebut dapat bergetar dengan sangat cepat terhadap respon aliran muatan listrik. Geteran tersebutlah yang nantinya akan menggerakan jarum jam atau mengimpuls jam digital secara simultan, akurat, dan lebih tepat.

Supaya gerakan jarum atau display angka digital pada jam jenis quartz tersebut bisa aktif diperlukannya gerakan jarum atau digital pada jam jenis quartz. Supaya baterainya bisa lebih awet, maka beberapa perusahaan pembuat jam tangan quartz menambahkan generator listrik mini yang bisa menghasilkan listrik ketika si pemakai mengayunkan tangannya. Teknologi ini adalah yang pertama kali direkomendasikan oleh perusahaan jam tangan yang berasa dari Jepang bernama Seiko dengan merk “Kinetik”.

Xiniu Jam Tangan Triangle Quartz - YQ007 - Black - JakartaNotebook.com

Pada jenis jam tangan quartz digital kemungkinannya akan ditambahkan aplikasi yang lebih canggih misalnya dilengkapi dengan kompas, altimeter, barometer, depth meter, mp3, dan bahkan yang paling terbaru dan sekaligus menjadi alat komunikasi (wirst phone/smartwatch) sehingga pada beberapa model jam tangan quartz seperti Casio G-Shock, dimana pada jam tangan ini disematkannya fitur fitur yang dapat dikendalikan dengan menggunakan beberapa tombol. Jam tangan quartz ini memiliki beragam macam kelebihan seperti lebih akurat atau rata rata kurang lebih 15 detik per bulan, pada beberapa jenis movement quartz bisa lebih akurat, lebih mudah pengerjaannya, lebih tahan goncangan, dan juga lebih tahan terhadap perubahan suhu.

Memang jam tangan quartz ini secara diatas kertas lebih unggul dalam berbagai hal dibandingkan dengan jam tangan mekanikal, tetapi jam tangan quartz ini bagi beberapa orang dirasa kurang bernyawa, dan jika dibandingkan dengan jam tangan mekanikal kemungkinannya jam tangan quartz ini dianggap kurang “artistik”.

Sedangkan secara praktikal terlebih bagi mereka yang sering memakai satu jam tangan dalam hampir seluruh kesehariannya, maka jam tangan biasa yang akan habis baterainya, mungkin akan terasa lebih merepotkan dibandingkan dengan jam tangan automatic. Tetapi saat ini sudah adanya varian jam tangan quartz yang mengisi tenaga dengan cahaya ataupun dengan bandul seperti layaknya jam tangan automatic.

 

 

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *