Sejarah Orang yang Pertama Kali Menemukan Jam Tangan, Peter Henlein

Sejarah orang yang pertama kali menemukan jam tangan adalah Peter Henlein. Jam berukuran kecil yang banyak kita temui saat ini tidak terlepas dari Peter Henlein, sehingga kini dikenal sebagai bapak jam modern. Awalnya pekerjaan Peter Henlein ini sebagai tukang kunci dan reparasi. Peter Henlain pertama kali membuat jam tangan kecil pada tahun 1510.

10 Fakta Peter Heinstein, Sang Penemu Jam Tangan

  1. Awal Peter Henlein Mencetuskan Jam Tangan

Inspirasi Peter Henlein mewujudkan jam tangan bermula dari kesenangannya akan barang-barang antik. Kebiasaan Peter Henlein adalah menyulap atau memodifikasi barang yang tidak lagi terpakai menjadi barang yang bermanfaat.

Jam pertama yang diciptakan disebut sebagai taschenuhr. Kala itu jam tersebut berbentuk bundar dan terdapat kemiripan dengan jam tangan yang berkembang saat ini. Hanya saja ukurannya jauh lebih tebal dengan ukuran jam tangan yang sudah berkembang di era modern saat ini.

2. Peter Henlein Awalnya Tidak Memiliki Pengetahuan Mengenai Jam

Peter Henlein memang dijuluki sebagai bapak jam modern. Berkat ciptaannyalah kini telah berkembang jam berbentuk kecil yang dapat dipakai di tangan. Namun, hal yang membuat terkejut adalah Peter Henlein awalnya tidak mepunyai pengetahuan tentang jam.

Ahli matematika pun terheran dengan Peter Henlein yang bisa menciptakan berbagai jam tangan yang telah dibuatnya dengan komposisi yang sempurna. Padahal, jam tangan tersebut ukurannya kecil dengan material roda yang rumit didalamnya.

3. Peter Henlein pada Akhirnya Memperkuat Ilmu Mengenai Jam

Memang awalnya Peter Henlein tidak memiliki pengetahuan mengenai jam, namun seiring berjalannya waktu sang pencetus jam tangan tersebut juga memperdalam ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan jam tangan. Semua hal yang dipelajari oleh Peter Henlein dicatat secara lengkap, bahkan kini catatan tersebut menjadi buku panduan yang resmi.

4. Peter Henlein Memiliki Proyek Besar

Penemuan Peter Henlein pada masa itu termasuk temuan yang sangat mengesankan, para bangsawan pun tertarik untuk mengenakan jam tangan buatannya tersebut. Buatan jam tangan Peter Henlein yang banyak memukau masyarakat kala itu, membuatnya menjadi tersohor dan mendapat proyek besar pembuatan jam dinding besar di Benteng Lichtenau.

5. Peter Henlein Pernah Menjadi Guru Besar

Kegigihan Peter Henlein dalam mempelajari ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan jam membuahkan hasil yang menakjubkan, hingga mengantarkan menjadi seorang guru besar di The City’s Locksmith Guild. Tidak hanya berhenti sampai disitu saja, walaupun sudah menjadi guru besar Peter Henlein tetap memperdalam ilmunya untuk mengembangkan jam tangan modern.

Jasa ketekunan Peter Henlain ini telah memberikan kontribusi perkembangan ilmu pengetahuan pada Jerman. Hingga pada akhirnya, pemerintah Jerman mendirikan museum nasional untuk mengenang jasa Peter Henlein. Baik biografi, sejarah pembuatan jam tangan oleh Peter Henlein dirapikan dalam museum.

6. Jasa Peter Henlein Terkenang

Jasa yang sungguh luar biasa oleh Peter Henlein ini benar-benar dihargai oleh negaranya. Walaupun penemuan akan jam tangan Peter Henlein sudah ratusan tahun yang berlalu, namun masyarakat Jerman tidak mudah melupakan jasanya tersebut untuk mengenang sejarah orang yang pertama kali menemukan jam tangan. Hal ini terbukti pada tahun 1905 masih menggelar suatu perayaan memperingati penemuan jam tangan, jam tangan Peter Henlein pun dipamerkan dalam acara tersebut.

Sejarah orang yang pertama kali menemukan jam tangan telah kita ketahui akan jasanya tersebutlah menjadi cikal bakal berkembangnya jam tangan modern yang saat ini telah beredar di seluruh penjuru dunia. Bermula dari tukang kunci dan reparasi, seorang Peter Henlein bisa merubah nasibnya menjadi orang tersohor, bahkan terkenang sepanjang masa akan manfaat penemuannya kala itu.

 

 

 

 

 

 

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *